background
logotype

Company Profile

Sekilas PT. Indo Pusaka Berau

PT. Indo Pusaka Berau adalah perusahaan joint venture yang didirikan oleh Konsorsium Indo Pusaka Berau yang terdiri dari 3 (tiga) anggota konsorsium yaitu PT. Indonesia Power dengan keahlian dan pengalaman membangun dan mengoperasikan pembangkit listrik, Pemerintah Kabupaten Berau yang bertanggung jawab terhadap perijinan, lokasi lahan dan penyediaan batu bara dan PT. Pusaka Jaya Baru ( perwakilan Shandong Machinery I & E Group Co ) bekerjasama dengan pabrik mesin yang melakukan instalasi PLTU.

Konsorsium tersebut dibentuk dengan nama Konsorsium Indo Pusaka Berau sesuai Surat Perjanjian Konsorsium tanggal 23 Desember 2002 dalam rangka pembangunan PLTU Lati ( 2 x 7 MW ) di Tanjung Redeb. Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pelaksanaan proyek pembangunan PLTU mulut tambang Berau 2x7 MW mulai dari contract signing untuk equipment pada 4 February 2003 dengan Shandong Machinery I & E Group Corporation, kontrak pekerjaan pondasi dengan PT. Pusaka Jaya International pada 2 September 2003 dan kontrak konstruksi, sipil, mekanikal, dan elektrikal dengan PT. Pusaka Jaya International pada 31 Juli 2003. PLTU unit 1 sinkron pada 28 Pebruary 2004 dan PLTU unit 2 sinkron pada 25 Desember 2004.

Mulai tanggal 12 Januari 2005 pengusahaan PLTU ini resmi dilaksanakan oleh PT. Indo Pusaka Berau sebagai langkah untuk merintis dan memulai kemandirian bisnis sektor pembangkitan tenaga listrik di Indonesia, dengan membangun PLTU berbahan bakar batu bara dengan kapasitas terpasang 1 x 7 MW.

Walaupun bisnis utama perusahaan di pembangkitan tenaga listrik, aktivitas bisnis perusahaan dimasa depan dapat mencakup aktivitas bisnis lain diluar pembangkitan tenaga listrik. Dalam Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup perusahaan dapat mencakup aktivitas – aktivitas antara lain :

  1. Jasa survey, perancangan, kontruksi dan emeliharaan infrastruktur tenaga listrik
  2. Produksi dan perdagangan peralatan tenaga listrik
  3. Produksi, distribusi dan perdagangan sumber daya nahan bakara (contoh : batu bara)
  4. Cogeneration
  5. Aktivitas lainnya yang berhubungan dengan bisnis inti pembangkitan tenaga listrik.

Di setiap aktivitas bisnis tersebut diatas, perusahaan dapat mendirikan atau ikut mendirikan perusahaan anak atau melakukan kerja sama dengan badan atau pihak lain.

 

2017  Indo Pusaka Berau   globbersthemes joomla templates